-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Sunday, July 23, 2017

Begini Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi, Sopan, Baik dan Benar

Cara Menulis Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik

Disini anda bisa mempelajari contoh surat pengunduran diri kerja resmi dan sopan dalam bahasa indonesia. Agar lebih mudah dipahami sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu arti atau makna dari surat resmi ini.

Pengertian dari surat pengunduran diri kerja adalah salah satu surat resmi yang dibuat oleh seseorang untuk mengajukan resign / berhenti bekerja dari profesi yang sedang dijalani orang tersebut pada sebuah instansi atau perusahaan, karena pada kondisi tertentu seorang karyawan tidak bisa menemui secara langsung atasan perusahaan karena kesibukan sehingga surat ini bisa mewakili seorang karyawan dalam mengajukan permohonan resign pada atasan.

contoh surat pengunduran diri kerja

Mengapa kita harus mambuat surat pengunduruan diri kerja? 

Sebenarnya surat pengunduran diri kerja dibuat pada seorang karyawan yang bekerja pada instansi atau perusahaan besar atau resmi, karena beberapa tempat kerja yang masih setingkat UKM biasanya tidak terlalu resmi dalam hal komunikasi antara karyawan dengan pemilik perusahan. Namun pada dasarnya pembuatan surat pengunduran diri  merupakan sebuah prosedur yang baik untuk memohon resign jika dilihat dari segi tanggungjawab dan kesopanan seorang karyawan kepada atasan perusahan. Hal tersebut akan berdampak pada penilaian sikap dari perusahaan terhadap karyawan.
Bagaimana membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar
Membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar tidak terlepas dari bagaimana cara melakukan penulisan yang baik serta pemilihan bahasa yang tepat dan sopan. Penulisan diusahakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar karena umumnya surat ini bersifat resmi dan mewakili diri seorang karyawan kepada perusahaan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat pengunduran diri kerja pada perusahaan

  • Jangan lupa mengucapkan terimakasih pada perusahaan, karena sedikit banyak anda juga pernah merasakan senang dan susah bersama, selain itu anda juga telah memperoleh pengalaman berharga.
  • Tulis dengan bahasa yang baik, dan sopan, tunjukan profesionalisme pada perusahaan.
  • Seandainya anda pernah merasa tidak senang dengan atasan perusahaan, maka jangan disampaikan dalam surat pengunduran diri ini, hal ini justru akan memberi pandangan negatif dari perusahaan kepada anda. Tinggalkan kesan positif karena bisa jadi perusahaan yang anda tinggalkan akan memberi rekomendasi bagi anda jika anda melamar pekerjaan di perusahaan yang baru.
  • Sampaikan maksud anda dengan jelas dan bijak, tidak perlu penjelasan panjang lebar.
  • Sampaikan apresiasi anda pada perusahaan, seperti dorongan / pujian pada perusahaan anda.


Format penulisan surat pengunduran diri hampir sama dengan surat lamaran kerja, yang membedakan adalah fungsinya saja. berikut ini contoh format surat pengunduran diri : 

Yogyakarta, 27 agustus 2015    

Kepada,
Yth,
Kepala. HRD PT. Mahardika 
 Dengan Hormat, 
       Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Mahardika .................................
Nama           :
Departemen  :
Jabatan         :
No Karyawan : 
      Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. ......... 
      Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

      Hormat Saya

            ........

Contoh format surat pengunduran diri dalam bentuk gambar dibawah ini.


contoh format surat pengunduran diri kerja resmi


Untuk memperjelas format penulisan diatas, dibawah ini anda bisa langsung mempelajari beberapa contoh surat pengunduran kerja resmi yang  sopan dalam bahasa indonesia.

Wonosari, 27 Agustus 2015 
 Kepada Yth,
Direktur HRD PT. Gaplek Raya
Di Tempat
   
Dengan Hormat, 
                Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                    : Eka Van Hoten
Departemen          :  Staff Marketing
Jabatan                 :  Karyawan Tetap
No.Karyawan  : 01298004 
Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Gaplek Raya tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri. 
                Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran saya dan keluarga harus pindah keluar kota (Surabaya) disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini. 
Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku. 
                Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.
  

               Hormat Saya,
  
              Eka Van Hoten



Contoh ke dua 



Yogyakarta, 27 Agustus 2015

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Puncak Karya
Jl. Senopati No. 6 Gunungkidul
Yogyakarta


Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Suradi Wakiman bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Puncak Karya sebagai manager marketing, terhitung sejak tanggal 27 Agustus 2015 dengan alasan kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk saat ini. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Puncak Karya. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Puncak Karya apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan yang saya cintai ini.

Saya berharap selalu, PT. Puncak Karya dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik. Demikianlah surat ini saya buat sebaik-baiknya dan semoga disetujui oleh pihak PT. Puncak Karya. Sekali lagi, saya mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.


Hormat Saya,


Suradi Wakiman



Contoh penulisan surat pengunduran diri kerja resmi dalam bentuk gambar.


contoh surat pengunduran diri kerja resmi



Dari contoh diatas sebenarnya anda tidak bisa langsung mengganti atau copy paste ke dalam ms word untuk anda edit dan sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Sehingga tanpa harus anda mencari contoh surat pengunduran diri resmi doc, anda sudah bisa menggunakan contoh diatas, selain itu anda juga bisa menggunakannya untuk mengirimkan via email.  Demikian ulasan contoh surat pengunduran diri kerja resmi dan sopan dalam bahasa indonesia semoga bisa membantu pekerjaan anda. Terimakasih telah berkunjung dan Salam sukses untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi, Sopan, Baik dan Benar