Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Tuesday, December 13, 2016

CONTOH PENULISAN AMPLOP SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK

Sebagai orang yang mencari pekerjaan anda akan membutuhkan contoh penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik. Bagaimana format penulisan alamat pada amplop surat lamaran dan sebagainya harus dipahami. Sebagai pelamar kerja kita tidak boleh mengabaikan desain atau kemasan dari amplop lamaran,  yaitu tata letak dan cara penulisanya. Mungkin banyak pelamar kerja yang tidak peduli akan hal ini, tapi sebagai calon pekerja yang baik alangkah bijaknya jika dari awal kita melamar sudah memberikan kesan yang baik pada pihak perusahaan.

Contoh Format Penulisan Amplop Surat Lamaran Kerja

Bagaimanakah cara penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik?


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita menulis identitas pada sampul amplop surat lamaran kerja. Tulisan yang baik dengan format yang rapi akan memberikan kesan bahwa kita adalah calon pekerja yang  cermat dan baik. Lalu yang harus kita cermati saat menulis pada amplop surat lamaran kerja antara lain sebagai berikut :

1. Kerapian dan kebersihan menjadi hal yang paling utama pada saat anda menulis pada amplop lamaran. Sebuah amplop yang kusam dan berlipat-lipat akan mewakili bagaimana karakter diri kita sebagai pelamar, sudah tentu memberi kesan yang negatif bagi perusahaan ketika awal mulai menilai kita. Untuk itu mutlak kerapian dan kebersihan harus dilakukan.

2. Menulis identitas diri kita secara lengkap, terdiri dari nama lengkap ditambah gelar jika ada, alamat lengkap dari rt hingga kabupaten atau kota dilengkapi kode pos, dan selanjutnya adalah nomor kontak yaitu handphone / telp dan alamat email jika ada. Tetapi diera IT sekarang ini biasanya beberapa perusahaan menyampaikan informasi memalui email sehingga usahan anda sudah membuat alamat email pribadi. Format penulisan Identitas Pribadi terdiri dari huruf kapital pada Awal kata dan tidak usah dibuat miring.
Misalnya :

Nama : Supriyadi, ST       bukan     NAMA : SUPRIYADI,ST
Alamat : Bogor.......,        bukan      ALAMAT : BOGOR,......

3. Menulis kode jabatan yang dilamar ditulis dengan lengkap ditulis dengan huruf kapital untuk menegaskan posisi yang ingin anda lamar.

4. Tujuan Surat, ditulis dengan lengkap dan berbentuk memanjang sehingga berbentuk persegi panjang, terletak pada tepi kanan agak bawah bagian amplop.  Bisa ditulis dengan huruf
kapital namun harus rapi dengan ukuran font yang disesuaikan misalnya 12 atau 14. Ketika anda menujukan surat kepada Bapak Kepala Cabang Perikanan maka jangan hanya ditulis Bapak Kepala Perikanan saja, selain itu perhatikan betul siapa yang sedang menjabat. Jangan sampai ketika Manager HRD adalah seorang wanita, tetapi anda menulis dengan tujuan Kepada Bapak Manager HRD karena hal ini memang tidak tepat.


Contoh Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Yang Baik




penulisan alamat pada amplop surat lamaran kerja

format penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik

Pada intinya kita bisa menyimpulkan sendiri, bagaimana jika kita memposisikan diri kita sebagai sebagai kepala HRD sehingga kita bisa memahami apa saja yang akan menjadi pertimbangan kita, saat melihat banyak sekali amplop lamaran dimeja kerja. Karena dengan banyaknya kesibukan maka seleksi awal biasanya hanya dengan sekedar melihat kemasan amplop surat lamaran yang ada, apakah terlihat menarik atau tidak.  Nah itu tadi beberapa contoh yang bisa saya bagikan disini semoga bisa memantu teman – teman semua yang membutuhkan contoh penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH PENULISAN AMPLOP SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK