-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Friday, August 11, 2017

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA CPNS DAN UMUM DITULIS TANGAN

Surat Lamaran Kerja Cpns dan Umum yang ditulis tangan adalah surat yang dibuat secara manual dengan menggunakan kertas folio bergaris dan ditulis langsung menggunakan tinta ballpoint. Pada umumnya isi surat ini sama saja dengan yang diketik menggunakan mesin ketik ataupun komputer. Jadi yang paling membedakan adalah proses penulisannya yaitu media atau alat yang digunakan.
Sebenarnya apakah perbedaan antara surat yang diketik dengan yang ditulis tangan itu menimbulkan kelemahan atau kelebihan??  Oke, jika posisi Anda sebagai pelamar kerja mungkin Anda sudah paham kelebihan dari surat lamaran yang ditulis tangan, namun jika masih ada yang belum mengerti maka akan sedikit saya bahas disini.

Kekurangan dan Kelebihan 

Kelebihan dari Surat Lamaran Kerja yang ditulis manual dengan tangan antara lain : 

  1. Dari segi teknis (ditinjau dari pihak pelamar kerja)menulis secara manual hanya membutuhkan peralatan yang sederhana yaitu Kertas Folio Bergaris, Ballpoint warna hitam (pada umumnya), Penggaris, dan Tipe X (penghapus tinta pena) sehingga semua orang bisa menulis surat lamaran sendiri,  sebab mungkin saja saat ini belum semua orang memiliki perangkat ketik modern seperti komputer atau laptop.
  2. Beberapa perusahaan lebih senang dengan surat lamaran kerja yang ditulis tangan untuk menilai siapa dan bagaimana sebenarnya si pelamar kerja itu.

Sedangkan kekurangan menulis Surat Lamaran Kerja secara manual adalah : 

  1. Jika terjadi kesalahan penulisan kata-kata maka harus dihapus dengan tipe x baru bisa diganti dengan tulisan yang benar. Beberapa orang ada yang sering melakukan kesalahan eja dalam menulis (salah menuliskan huruf) sehingga akan banyak coretan ataupun bekas tipe x untuk membenahinya. 
  2. Dalam melakukan penulisan harus lebih teliti dan cermat, karena pihak perusahaan mungkin akan menilai anda kurang baik jika surat lamaran anda kotor, banyak coretan atau banyak bekas tipe x.
  3. Pengaturan Margin hanya bisa dilakukan manual menggunakan penggaris.

Tips

Bagaimana Menyusun Surat Lamaran Kerja yang Ditulis Tangan dengan baik dan benar?  Agar Surat Lamaran Anda menjadi baik dan benar, silahkan simak tips berikut :

Tips Menulis Lamaran Secara Manual / Tulis Tangan  

  1. Gunakan Bahasa Formal, dengan pemilihan kata dan rangkaian kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele. Atur margin agar tulisan terlihat rapi, bisa memberikan batasan kiri dan kanan menggunakan penggaris.
  2. Tulis dengan hati-hati, cermat dan teliti agar tidak terjadi banyak kesalahan dalam menulis. 
  3. Usahakan tidak ada tulisan yang di coret atau di Tipe X.
  4. Pastikan lembaran kertas folio untuk menulis bersih (tidak ada noda / coretan) dan utuh / tidak terlipat-lipat. 
  5. Usahakan tulisan anda serapi mungkin. Untuk pengaturan Margin secara manual pada kertas folio, saya biasa menggunakan batasan 2,5 titik atas sejajar 2,5 titik bawah (bagian kiri) dan 2 titik atas sejajar 2  bawah (bagian kanan). Jadi bisa diperkirakan batas kiri 2,5 cm dan batas kanan 2 cm untuk memudahkan menulis agar lebih rapi.
Menulis Dengan Tangan Surat Lamaran Kerja CPNS
Contoh Surat Lamaran Kerja Cpns yang Ditulis Tangan



Bagaimana Menulis Tangan Surat Lamaran Kerja Umum
Contoh Surat Lamaran Kerja Umum  yang Ditulis Tangan

Dua contoh diatas pada bagian lampiran sengaja tidak saya tulis semua untuk mempermudah Scan kertas ke komputer. Silahkan Anda sesuaikan dan anda lengkapi dengan menuliskan semua data yang Anda lampirkan sebagai pelengkap untuk melamar kerja. Jangan lupa sertakan materai biasanya yang Rp.6000,- an, dan posisi tanda tangan Anda dibagian kanan materai dengan menimpa sebagian materai di sisi kanan. 

Demikian dulu, semoga sedikit penjelasan dan Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS dan Umum yang Ditulis Tangan diatas bisa membantu Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH SURAT LAMARAN KERJA CPNS DAN UMUM DITULIS TANGAN